Apple Perkenalkan Chip M4, Hadirkan Tenaga AI dan Performa ala Konsol Game di iPad Pro 2024

Apple baru saja mempersembahkan chip terbarunya, M4, yang dibenamkan di iPad Pro generasi paling anyar. Prosesor ini menjanjikan kenaikan signifikan pada daya kerja dan efisiensi daya berkat fabrikasi 3nm terupdate.

Chip Apple M4 mempunyai konfigurasi 10 inti CPU, dengan empat core daya kerja dan enam core efisiensi data. Kombinasi core CPU itu menjanjikan peningkatan daya kerja sampai 1.5 kali lebih pesat dari iPad Pro seri terdahulu yang dipersenjataoi chip Apple M2.

Kendati demikian, mengutip dari Android slot gacor hari ini Authority, Kamis (9/5/2024), konfigurasi 10-core di iPad Pro 2024 ini cuma ditemukan pada iPad Pro varian 1TB dan 2TB.

Sementara, varian standar 256GB dan 512GB ditenagai Apple M4 dengan 9-core CPU dengan tiga core daya kerja dan enam core efisiensi.

Apple M4 juga ditenagai 10-core GPU dengan arsitektur sama dengan chip M3. Adapun perbedaan GPU ini dari generasi sebelumnya merupakan pemakaian teknologi Dynamic Caching terupdate yang diklaim Apple bisa meningkatkan daya kerja grafis untuk bermain game layaknya konsol game.

Kecuali kecakapan hardware, Apple juga menyorot kecakapan AI di chip M4 terbarunya. Kecakapan AI ini dipandu Neural Engine tercanggih Apple ketika ini, yang mampu mengerjakan triliunan operasi per detik.

Oleh sebab itu, dengan kecakapan AI terupdate, iPad Pro bisa mengerjakan aplikasi dengan lebih pesat. Tidak cuma meningkatkan daya kerja, chip M4 juga mempunyai efisiensi daya yang ditingkatkan untuk memberikan daya tahan baterai yang lebih lama.

Seluruh kecakapan yang dimiliki oleh Apple M4 di iPad Pro versi 2024 pun disebut menolong pengguna profesional untuk meningkatkan produktivitasnya.

iPad Pro 2024 Legal Dirilis
Sesudah sekian lama menanti, iPad Pro 2024 hasilnya diumumkan oleh Apple dalam acara live streming bertajuk “Let Loose” pada Selasa malam, 7 Mei 2024.

iPad Pro 2024 sendiri tampil dengan dua ukuran layar–seperti iPad Air 2024, merupakan 11 inci dan 13 inci. Berbeda dari generasi sebelumnya, tablet baru Apple ini tampil dengan desain lebih fresh.

Perusahaan berbasis di Cupertino ini juga menyematkan hardware kelas atas, dan peningkatan besar-besaran di panel layar kedua iPad Pro versi 2024.

Pantas rumor yang beredar, Apple memakai layar OLED di kedua tablet barunya ini dengan menyebutnya Ultra Retina XDR Display.

Peningkatan di layar ini amat besar, di mana pada seri iPad Pro sebelumnya raksasa teknologi hal yang demikian cuma memakai panel miniLED.

Berbekal panel baru hal yang demikian, Apple mengklaim layar iPad Pro baru mereka akan menampilkan warna hitam lebih pekat, saturasi lebih kaya, dan kontras ditingkatkan.

Dibeberkan, layar tablet baru Apple ini mempunyai struktur panel OLED tandem yang mampu menjadikan tingkat kecerahan 1.000 nits dan 1.600 nits ketika menampilkan konten HDR.

Menariknya, perusahaan tak memakai chipset M3 untuk lini iPad Pro baru ini. Alih-alih, Apple memasangkan chip M4 yang diklaim mempunyai daya kerja 50 persen lebih pesat dibandingkan M2.