Bukit Jamur Ciwidey, Destinasi Wisata Alam Kekinian di Bandung

Bukit Jamur Ciwidey, Destinasi Wisata Alam Kekinian di Bandung
Bukit Jamur Ciwidey, Destinasi Wisata Alam Kekinian di Bandung

Dalam hal memilih destinasi wisata, saat ini banyak masyarakat di Indonesia yang menetapkan pilihannya pada wisata alam. Hal tersebut tentu sangatlah lumrah, mengingat keindahan alam di negeri ini seakan tidak ada habisnya. Oleh karena itu, banyak sekali pengelola tempat wisata yang mulai membuka ragam spot wisata alam baru yang cukup hits, sehingga pilihan destinasi wisata masyarakat semakin banyak dan variatif.

Bukit Jamur Ciwidey merupakan sebuah kawasan wisata popular di Pairjambu, Bandung yang menyediakan pemandangan yang cukup unik, yakni sebuah taman di dataran yang dipenuhi pepohonan cemara dengan ukuran yang pendek. Masing-masing dari pohon cemara ini memiliki bentuk yang tak biasa, sehingga berbeda dari pohon cemara yang biasanya ditemukan di daerah lain. Hal ini terjadi karena masing-masing dari pohon cemara ini dibentuk dan dihias sedemikian rupa sehingga menyerupai pohon jamur.

Kali ini, kami memberikan sebuah rekomendasi destinasi wisata alam terbaik di sekitar Kota Bandung yakni Bukit Jamur Ciwidey. Tempat wisata hits yang satu ini menawarkan paket lengkap dari sejuknya suasana pegunungan serta pemandangan perkebunan teh yang menawan, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Penasaran mengenai seluk beluk dari bukit cantik ini?

Apabila Anda berpikir bahwa satu-satunya daya tarik yang dihadirkan di tempat wisata hits ini hanyalah pepohonan berbentuk jamur, maka Anda salah besar. Pasalnya, ada banyak sekali spot menarik lainnya di Bukit Jamur Ciwidey yang pastinya saying untuk dilewatkan. Apa sajakah itu? Berikut telah kami rangkum beberapa daya tarik utama yang disediakan:

  1. Pohon Berbentuk Jamur

Daya tarik utama dari tempat wisata hits ini yang turut membedakannya dari tempat wisata lain adalah deretan pohon yang berbentuk jamur. Sebenarnya, deretan pohon-pohon ini merupakan pohon cemara yang dibentuk sedemikian rupa sehingga kumpulan daun-daunnya menyerupai jamur. Karena dipenuhi oleh pohon cemara berbentuk jamur yang cukup unik ini, maka lokasi wisata terbaik ini diberi nama bukit jamur yang sangat indah dan unik.

Pepohonan cemara yang berbentuk jamur ini sangatlah terawat, sehingga terlihat asri dan menawan. Letak ditanamnya pohon-pohon ini rapi berjajar, sehingga pengunjung seakan-akan dapat berjalan di antara hamparan pohon jamur. Selain itu, ada juga rumput taman serta tanaman lain yang dijaga dengan sangat baik, sehingga menambah kecantikan tersendiri dari tempat wisata paling ngehits ini.

  1. Kebun Teh di Bukit Jamur

Di kebun teh ini, pengunjung dapat menikmati keindahan deretan tanaman teh yang ditata sedemikian rupa, sehingga sangat rapi dan menawan. Selain itu, dari kebun teh ini pengunjung dapat menikmati indahnya pegunungan serta bukit yang sangat hijau mengelilingi kawasan ini. Bahkan, apabila cuaca mendukung, pengunjung dapat melihat indahnya kabut menyelimuti kebun teh layaknya di negeri awan.

  1. Jembatan Kayu

Salah satu spot menarik di kawasan ini yang paling banyak menarik minat para pengunjung adalah jembatan kayu. Jembatan kayu ini bukanlah sembarang jembatan kayu yang pendek, karena jembatan ini dirancang sedemikian rupa untuk mengelilingi indahnya panorama kebun teh. Oleh karena itu, jembatan kayu di kawasan wisata hits ini sangatlah panjang, sehingga menjadi salah satu ikon utama dari Bukit Jamur.

Dari jembatan kayu ini, pengunjung dapat berjalan santai sambal menikmati sejuknya hawa pegunungan, serta pemandangan perkebunan teh dan pegunungan yang sangat asri dan indah. Oleh karena itu, area jembatan kayu ini banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang mempesona. Bahkan saking indahnya, lokasi jembatan kayu ini juga kerap dimanfaatkan sebagai lokasi untuk pengambilan foto prewedding.

  1. Bangunan Belanda

Kebun teh di kawasan wisata paling populer ini memang sudah beroperasi cukup lama, bahkan sejak zaman Belanda. Oleh karena itu, di kawasan wisata hits ini terdapat beberapa bangunan peninggalan Belanda dengan arsitektur yang sangat khas dan menarik layaknya di Eropa. Dahulu, bangunan-bangunan Belanda ini dimanfaatkan sebagai bangunan administrasi dari perusahaan perkebunan teh yang beroperasi pada masa itu.

Kini, bangunan-bangunan tersebut masih terlihat sangat kokoh dan terawat. Bangunan Belanda ini memiliki ciri khas yang cukup unik, dengan cerobong asap serta bentuk jendela dan pintu layaknya bangunan rumah di Eropa. Oleh sebab itu, banyak sekali pengunjung yang berfoto di bangunan peninggalan Belanda ini sebagai kenang-kenangan.