Cara Membentuk Otot Dada yang Mudah Dilakukan

Cara Membentuk Otot Dada yang Mudah Dilakukan
Cara Membentuk Otot Dada yang Mudah Dilakukan

Selain menunjang penampilan, otot dada yang kencang juga baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tubuh. Cara membentuk otot dada pun tidak sulit. Anda hanya perlu melatih otot dada secara rutin dengan berbagai gerakan sederhana yang dapat dilakukan di rumah maupun pusat kebugaran.

Latihan otot dada adalah jenis gerakan yang ditujukan untuk membentuk dan mengencangkan otot bagian dada. Ada beragam fungsi otot dada bagi tubuh, mulai dari membantu proses pernapasan hingga mendukung gerakan lengan dan bahu.

Selain itu, otot dada yang situs slot gacor terbaru terbentuk dengan baik juga dapat membuat tubuh lebih proporsional sehingga mampu menunjang penampilan.

Latihan untuk Membentuk Otot Dada
Ada beberapa jenis latihan yang bisa Anda lakukan untuk membentuk dan memperkuat otot dada, yaitu:

  1. Push up

Tak hanya otot dada, push up juga dapat memperkuat otot lengan, perut, dan bahu. Lakukanlah gerakan push up sebanyak 8–10 kali untuk setiap set dan Anda bisa mengulangnya hingga 2–3 set setiap kali latihan. Lakukan gerakan ini sesuai kemampuan tubuh. Jika tubuh belum terbiasa, awali dengan 1 set setiap harinya, lalu tingkatkan menjadi 2 set setelah tubuh sudah mulai terbiasa dan lebih kuat.

  1. Barbell bench press

Latihan ini biasanya dilakukan di pusat kebugaran karena Anda perlu menggunakan kursi khusus, yaitu incline bench dan barbel. Posisikan tubuh Anda telentang di atas kursi sambil memegang erat barbel pada kedua tangan.

Setelah itu, tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan sambil mengangkat barbel ke atas sejajar dengan kedua lengan dan dada. Setelah itu, turunkan kembali ke posisi semula.

  1. Incline dumbbell chest fly

Latihan ini hampir sama dengan gerakan barbell bench press, hanya saja alat yang digunakan adalah dumbbell dan kursi untuk menyandarkan tubuh.

Posisikan dumbbell dekat dada dan ketiak serta tangan menghadap ke depan. Perlahan angkat dumbbell ke atas dada sesuai dengan lebar bahu, lalu turunkan kembali ke posisi semula. Pastikan siku Anda dalam keaadan lurus dan tidak tertekuk saat mengangkat barbel.