iQoo Watch, Smartwatch Perdana iQoo Kembaran Vivo Watch 3

Sub-merek Vivo, iQoo meluncurkan jam tangan pandai (smartwatch) pertamanyanya, bernama iQoo Watch di China, akhir tahun lalu.

Jam tangan ini ialah hasil rebranding smartwatch Vivo Watch 3 yang dirilis pada November 2023. Jadi, desain dan spesifikasi iQoo Watch malahan sama persis dengan Vivo Watch 3.

Cara rebranding ini memang kerap kali dikerjakan oleh vendor HP yang masih satu induk perusahaan, seperti BBK Electronics. Grup raksasa https://plantarefacil.com/ elektronik China itu memasarkan merek HP Oppo, Vivo, Realme, dan OnePlus.

Sama seperti Vivo Watch 3, iQoo Watch disupport BlueOS, metode operasi yang dioptimalkan.

BlueOS berjalan di atas bahasa pemrograman Rust. Sistem operasi terbaru ini mendukung fitur, seperti kunci mobil NFC, kontrol kamera, dukungan kartu ATM virtual untuk transaksi, sampai kode QR untuk mendapatkan pembayaran.

Keunggulan lain yang dibawa, iQoo Watch ini hadir dengan alternatif eSIM (embedded SIM Card). Dengan begitu, jam tangan pandai ini bisa beroperasi secara independen atau tanpa terhubung ke hp.

Hal ini berbeda dengan kebanyakan jam tangan yang bergantung pada Proprietary OS atau metode operasi bikinan pihak ketiga yang tak dirinci.

iQoo Watch juga mempunyai toko aplikasi turunan, sehingga bisa digunakan untuk mendownload aplikasi yang kompatibel dan menambah fungsionalitas baru ke jam tangan. Spesifikasi iQoo Watch selengkapnya bisa disimak dalam ulasan berikut.