Beranda Lifestyle Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

53
0
Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat ginseng untuk kesehatan tubuh telah dikenal sejak dahulu. Tanaman herba ini kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mengatasi berbagai kondisi, termasuk disfungsi ereksi.

Ginseng merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang banyak ditemukan di negara-negara Asia, seperti Korea, Jepang, dan Tiongkok. Namun, tanaman ini juga dapat ditemukan di Amerika Utara.

Baik ginseng amerika (Panax quinquefolius) maupun ginseng korea (Panax ginseng), keduanya memiliki senyawa aktif yang dinamakan ginsenosides. Zat ini baik untuk kesehatan karena mengandung sifat antiradang, antikanker, dan antioksidan.

Untuk mengetahui lebih jauh manfaat ginseng amerika dan ginseng korea, mari simak pembahasannya berikut ini.

READ  Jangan Salah, Ini yang Perlu Dilakukan Saat Dipatuk Ular

Beberapa Manfaat Ginseng Amerika

Ginseng sudah cukup banyak dibudidayakan di Amerika. Meski demikian, jenis ginseng dari Amerika memiliki sedikit perbedaan dari ginseng dari Korea. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai manfaat ginseng amerika untuk kesehatan, di antaranya:

  1. Mencegah flu dan pilek

Salah satu manfaat ginseng amerika yang cukup terkenal adalah mencegah flu dan pilek pada orang dewasa. Manfaat ini berasal dari berbagai kandungan di dalam ginseng yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, sehingga mampu melawan kuman dan virus penyebab penyakit.

Tak hanya mencegah flu, ginseng amerika juga dapat mendukung dan mempercepat proses pemulihan tubuh ketika sedang sakit flu.

  1. Menurunkan kadar gula darah
READ  Manfaat Vitamin C untuk Kulit Sehat

Sebuah riset menunjukkan bahwa ginseng amerika dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil pada penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, ginseng amerika juga baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin pada orang sehat, sehingga mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Semua itu diduga berkat kandungan senyawa ginsenosides dalam ginseng amerika yang dapat memengaruhi kadar insulin dalam tubuh dan menurunkan gula darah.

  1. Mengurangi peradangan

Kandungan ginsenosides pada ginseng juga diketahui memiliki efek antiradang. Efek ini menjadikan ginseng amerika baik dikonsumsi untuk mengurangi peradangan dan keluhan tertentu akibat peradangan, misalnya nyeri dan pembengkakan di tubuh.

Manfaat ginseng ini juga disebut baik untuk mengurangi peradangan pada saluran cerna. Meski demikian, efektivitas dan keamanan manfaat ginseng amerika sebagai pengobatan masih belum jelas dan perlu diteliti lebih lanjut.

READ  Benarkah Kalau Jodoh Itu Mirip?