PSSI Bakal Temui Shin Tae-yong dalam Waktu Dekat: Bahas Kontrak Baru

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mempertimbangkan pihak federasi bakal menemui pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk membahas kontrak baru dalam waktu dekat.

Cuma saja, mereka tidak berharap terburu-buru sebab juru strategi asal Korea Selatan dievaluasi masih butuh waktu istirahat pasca mengantar Timnas Indonesia U-23 tampil di Piala Asia U-23 2024 serta meniru play-off Olimpiade di Paris.

Adapun Garuda Muda di bawah asuhan Shin Tae-yong boleh dikata mencetak hasil apik dalam persaingan yang baru saja dicontoh. Meskipun gagal menyegel karcis Olimpiade, Timnas Indonesia U-23 mampu finis di peringkat 4 turnamen AFC Asian Cup U-23.

Capaian tersebut melampaui target yang diberi PSSI. Ketua sbobet Lazim Erick Thohir sebelumnya cuma meminta Garuda Muda minimal tembus hingga babak perempat final, mengingat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan cuma berstatus sebagai debutan.

Buntut dari prestasi ini, PSSI dipastikan bakal memberi hadiah perpanjangan kontrak terhadap Shin Tae-yong.

Cuma saja, Arya Sinulingga menegaskan pihaknya akan lebih dahulu memberi waktu istirahat terhadap sang pelatih, mengingat dia baru saja tiba di Tanah Air bersama skuad dan ofisial Timnas Indonesia U-23 pada Sabtu (11/5/2024) pagi WIB.

“Kan baru pulang dia. Tunggulah, dia mungkin butuh istirhat dahulu. Lelah juga dia, 40 kan hari dia (bekerja). Pasti kami dalam waktu dekat akan ketemu,” sebut Arya ketika dijumpai awak media di kawasan Senayan, Selasa (11/5/2024).

STY Diikat Kontrak hingga 2027

Lebih lanjut, Arya Sinulingga membeberkan, kontrak baru Shin Tae-yong nantinya akan berlangsung hingga 2027. Durasi itu diatur lantaran masa bakti Ketua Lazim PSSI Erick Thohir juga tinggal tersisa sekitar 3 tahun lagi.

“Kita akan berunding di banyak hal (dengan Shin Tae-yong). KPI tercapai kan sesuatu yang mesti kita hargai. Kemudian, ke depan (kontraknya) hingga tahun 2027,” papar Arya.

“Pak Erick ini selalu sebagai Ketua Lazim (PSSI), tidak pernah berharap bikin kontrak di luar masa kepengurusan dia. Karena batasnya 2027, karenanya STY pun kontraknya hingga 2027. Jangan nanti keputusan Pak Erick ini menjadi muatan buat Ketum berikutnya,” tambah dia.