Punya Banyak Rekening? Ini Cara Jaga dari Hukum Cyber

Dalam era di mana teknologi kian merajalela, segala aspek kini mulai terhubung secara digital. Layanan perbankan digital telah menjadi salah satu hal yang tak terhindarkan, kian mudahnya akses terhadap layanan perbankan digital membawa pelbagai kemudahan.

Tapi, di balik kenyamanan hal yang demikian juga terselip risiko keamanan yang tak boleh diacuhkan. Tiap tahunnya, ribuan kasus pencurian identitas, kehilangan dana dampak tindak kriminal cyber, dan serangan perbankan digital kian tak jarang terjadi terjadi dampak kelalaian dalam menjaga keamanan rekening.

Statistik menunjukkan bahwa jumlah kasus kriminal cyber terus meningkat dari tahun ke tahun, dengan pelaku yang kian canggih dalam metode mereka. Berdasarkan menimbulkan kekhawatiran besar bagi masyarakat perihal keamanan dan privasi data mereka.

Melalui data dari BSSN, sektor keuangan menduduki urutan ketiga sesudah sektor administrasi pemerintahan dan kekuatan, sebagai sektor yang paling banyak mengalami joker123 anomali dunia online.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap individu untuk memprioritaskan langkah-langkah perlindungan demi menjaga aset finansial mereka tetap aman dan terhindar dari ancaman kriminal cyber.

Tips pelbagai posting dan kampanye, akun Instagram legal Otoritas Jasa Keuangan Indonesia @ojkindonesia secara tetap mengingatkan masyarakat akan pentingnya langkah-langkah perlindungan dalam menjaga keamanan rekening mereka.

Berdasarkan dilakukan sebagai respons terhadap meningkatnya jumlah kasus pembohongan dan kriminal cyber di sektor perbankan:

Menjaga Keamanan Rekening

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi
ini menjadi langkah pertama yang betul-betul penting. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemberitahuan secara segera lewat pesan teks setiap kali ada transaksi yang terjadi di rekening Anda, baik itu dana masuk maupun keluar. Dengan demikian, Anda dapat segera mengetahui seandainya terdapat aktivitas yang mencurigakan atau tak diakui.

2. Periksa histori rekening atau saldo secara terpola
Anda dapat melaksanakan ini dengan gampang, kapan saja, dan cuma-cuma lewat aplikasi mobile banking atau dunia online banking yang disediakan oleh Bank hal yang demikian.

Tips pengecekan terpola ini, Anda dapat lebih memantau aktivitas rekening Anda dan mendeteksi adanya transaksi yang tak legal atau mencurigakan.

3. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah
Untuk menjaga keamanan data pribadi Anda, betul-betul penting untuk mengamankan perangkat seluler Anda.

Aktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menerapkan pindai sidik jari atau wajah. Berdasarkan akan membuat perangkat Anda lebih sulit diakses oleh pihak yang tak memiliki wewenang dan memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap informasi pribadi Anda.